Direktorat Jenderal Pajak (DJP) kembali menyabet penghargaan dalam ajang Anugerah Humas Indonesia 2024, di Jogjakarta (11/10). Even kali ini bertema “Profesionalisme Humas untuk Indonesia Emas”.

Pada sektor Kementerian, DJP berhasil memborong lima piala, yakni dua Gold Winner untuk kategori media internal majalah elektronik InTax Edisi 2/2024 dan Edisi 4/2024; dua Silver Winner untuk kategori media sosial Instagram dan LinkedIn; serta satu Bronze Winner untuk kategori media sosial X.

Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat, Dwi Astuti, antusias menanggapi prestasi DJP tersebut. “Kualitas dan akurasi informasi adalah komitmen kami dalam melayani publik,” tuturnya saat dihubungi secara terpisah.

Di tengah era digital, di mana penyampaian informasi secara satu arah sudah semakin usang, masyarakat kian kritis memberikan masukan terhadap program dan kebijakan pemerintah. Oleh karena itu, menurut Dwi, “humas instansi  publik perlu merespons aspirasi secara cepat dan tepat, agar kebijakan pemerintah dapat diterima dan bahkan didukung oleh publik,” sambungnya.

Baca juga:
Empat Srikandi DJP Raih Penghargaan di Ajang Kartini Humas Indonesia
Kring Pajak 1500200 Raih Juara Umum Kedua Lomba TBCCI 2024
The 3rd IDEAS 2024: DJP Dulang Satu Emas dari Kategori Keberpihakan terhadap Disabilitas
Anugerah Humas Indonesia 2023: Sabet Lima Penghargaan, DJP Tegaskan Kredibilitas Organisasi
PPS dan TikTok DJP Raih Anugerah Humas Indonesia 2022

Pendiri sekaligus Chief Executive Officer PR Indonesia, Asmono Wikan, selaku penyelenggara, menyatakan bahwa kehumasan saat ini memegang peran yang kian penting dalam mengomunikasikan program dan kebijakan pemerintah. Menurut Asmono, struktur organisasi pengampu kehumasan perlu diperkuat. “Selain dukungan anggaran yang memadai, struktur juga menjadi faktor yang penting,” ujarnya saat memberi sambutan.

Dian Agustine Nuriman, praktisi kehumasan yang menjadi salah satu juri, menekankan bahwa para peserta ajang ini telah mematok standar tinggi dalam melayani publik. “Para peserta telah memperluas inklusivitas dan melayani kaum disabilitas,” tuturnya dalam memberikan testimoni. Menurut Dian, para juri mencari keunikan dan kreativitas para peserta dalam meramu konten untuk menyampaikan program dan kebijakan institusi.

 

Pewarta: Yacob Yahya, Farchan Noor Rachman
Kontributor Foto: Hanny Hardy, Malik Abdul Aziz
Editor: Sri Hartiwiek

*) Konten yang terdapat pada halaman ini dapat disalin dan digunakan kembali untuk keperluan nonkomersial. Namun, kami berharap pengguna untuk mencantumkan sumber dari konten yang digunakan dengan cara menautkan kembali ke halaman asli. Semoga membantu.