Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP) Jakarta Timur berkolaborasi dengan Tiktok Indonesia menyelenggarakan kegiatan Business Development Services (BDS) yang berlokasi di Auditorium SPT Kanwil DJP Jakarta Timur (Kamis, 14/11). Dalam kegiatan ini, hadir Kepala Kanwil DJP Jakarta Timur Ahmad Djamhari, Kepala Seksi Pemutakhiran Tax Knowledge Base Direktorat Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat (P2Humas) Harris Rinaldi, Pelaksana Direktorat Data dan Informasi Perpajakan Laila Lutfiyana dan tim dari Tiktok Indonesia.

Acara dibuka dengan Laporan Pelaksanaan Kegiatan yang disampaikan oleh Pelaksana Tugas Kepala Bidang Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat, A. Muhammad Noor. Dalam laporannya, Noor menyampaikan bahwa acara ini diikuti oleh 33 orang Wajib Pajak UMKM Binaan Kanwil DJP Jakarta Timur dan bertujuan sebagai salah satu strategi pembinaan dan pengawasan kepada Wajib Pajak UMKM di lingkungan Kota Administrasi Jakarta Timur dalam membina dan mendorong pengembang usaha secara berkesinambungan untuk meningkatkan keterikatan dan kepatuhan terhadap pajak. “Kegiatan BDS ini juga bertujuan menambah keahlian dalam teknik pengambilan foto untuk periklanan serta pengetahuan mengenai digital marketing,” ungkap Noor.

Kepala Kanwil DJP Jakarta Timur, Ahmad Djamhari memberikan sambutan sekaligus pembuka dalam acara ini. “Acara ini bisa menjadi sarana diskusi dan kolaborasi bagi Wajib Pajak UMKM untuk mengembangkan usahanya, dan meningkatkan kepatuhan serta penerimaan perpajakan. Semoga ke depannya kegiatan ini bisa semakin berkembang dan skalanya lebih besar yaitu berkolaborasi dengan seluruh KPP di Lingkungan Kanwil DJP Jakarta Timur,” tutup Djamhari.

Terdapat 3 (tiga) materi yang dipelajari oleh peserta BDS Kanwil Jaktim, materi yang pertama terkait perpajakan coretax yang disampaikan oleh Fungsional Penyuluh Pajak Ahli Muda Kanwil DJP Jakarta Timur, Putri Pramitasari. Materi yang kedua yaitu “Tips Membuat Foto Produk yang Menarik” yang disampaikan Harris Rinaldi dan Laila Lutfiyana. Materi yang terakhir adalah “Tips dan Trik Digital Marketing di Platform Tiktok” yang disampaikan oleh Muhammad Aga beserta tim dari Tiktok Indonesia. Seluruh peserta mengikuti kegiatan dengan sangat antusias, terlihat dari pertanyaan yang disampaikan pada saat sesi diskusi, praktik, dan tanya jawab.