Tim Penyuluh Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kolaka mengadakan Sosialisasi dan Pojok Pajak di Field Office PT Ceria Nugraha Indotama (CNI) Kolaka yang berlokasi di berlokasi di Tolowe Ponrewaru, Kec. Wolo, Kabupaten Kolaka (Senin, 26/2).

Pojok Pajak berlangsung selama 5 hari, mulai dari Senin, 26 Februari 2024 sampai dengan Jumat, 1 Maret 2024. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi dan pemahaman terkait administrasi perpajakan yang diantaranya: pendaftaran Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), permohonan Electronic Filing Identification Number (EFIN), pemadanan Nomor Induk Kependudukan (NIK) menjadi NPWP, dan pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Orang Pribadi.

Adapun alasan dari Tim Penyuluh KPP Pratama Kolaka memilih untuk melaksanakan pojok pajak di PT Ceria Nugraha Indotama adalah karena PT CNI memiliki jumlah pegawai yang cukup banyak, yaitu sekitar seribu pegawai, dengan sebagian besar pegawainya masih ada yang belum memiliki NPWP.  

“Tim kami memilih PT Ceria Nugraha Indotama sebagai pojok pajak kali ini adalah karena potensinya yang cukup besar, terlihat dari jumlah pegawainya sendiri sekitar seribu orang, dan rekanan yang cukup banyak”, kata Sugiarto selaku Penyuluh  Pajak KPP Pratama Kolaka.

Para pegawai PT CNI antusias mengikuti kegiatan ini dengan beramai-ramai melakukan pelaporan SPT Tahunan dengan baik dan benar. Petugas Pajak KPP Pratama Kolaka memberikan asistensi pelaporan mulai dari cara login sampai dengan pengisian formulir SPT. Wajib pajak yang berhasil melakukan pelaporan maka akan menerima Bukti Penerimaan Elektronik (BPE).

KPP Pratama Kolaka berharap dengan Pojok Pajak ini akan memudahkan wajib pajak untuk menjalankan kewajiban perpajakannya, sekaligus memberikan pemahaman tentang perpajakan agar wajib pajak dapat semakin patuh.

 

 

Pewarta: Kristian M. Nathanael Pasaribu
Kontributor Foto: MUHAMMAD FAIZ WILDAN
Editor:  Muhammad Irfan Nashih

*)Konten yang terdapat pada halaman ini dapat disalin dan digunakan kembali untuk keperluan nonkomersial. Namun, kami berharap pengguna untuk mencantumkan sumber dari konten yang digunakan dengan cara menautkan kembali ke halaman asli. Semoga membantu.