Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kolaka menyelenggarakan Pekan Panutan Pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan yang diselenggarakan di Aula Kantor Bupati Bombana. Selain itu, KPP Pratama Kolaka juga memberikan penghargaan dalam Pekan Panutan ini kepada beberapa satuan kerja (satker) di Kabupaten Bombana (Kamis, 22/2).

Acara Pekan Panutan ini diselenggarakan bersamaan dengan acara penandatanganan Berita Acara Rekonsiliasi (BAR) atas Penyetoran Pajak Pusat Semester II Tahun Anggaran 2023 serta Sharing Pencapaian KPPN Kendari sebagai Wilayah Bebas Korupsi (WBK).

Rangkaian acara diawali pembukaan dengan sambutan oleh Kepala KPP Pratama Kolaka, sambutan oleh Penjabat (Pj) Bupati Bombana, serta sambutan oleh Kepala KPPN Kendari. Kemudian dilanjutkan dengan acara sesi penandatanganan BAR atas Penyetoran Pajak Pusat, Pemberian Penghargaan Pekan Panutan Pajak kepada beberapa satker di Kabupaten Bombana dan yang terakhir acara Sharing Pencapaian KPPN Kendari sebagai WBK.

Pemberian penghargaan oleh KPP Pratama Kolaka kepada beberapa satker di Kabupaten Bombana ini dibagi menjadi tiga kategori. Kategori yang pertama yaitu sebagai 3 Satker Pembayar Pajak Terbesar Tahun 2023. Kategori kedua, sebagai 3 Satker Kepatuhan Pelaporan Pajak Paling Tertib Tahun 2023. Serta kategori ketiga, sebagai 7 Desa Pembayar Pajak Terbesar Tahun 2023.

“Saya mengingatkan kepada seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang hadir, bagi yang tidak sempat hadir mungkin karena satu dan lain hal, tolong diteruskan agar segera menyampaikan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) di instansi kita masing-masing untuk mempercepat pelaporan SPT Tahunan sebelum 31 Maret 2024. Jangan sampai keterlambatan pelaporan SPT Tahunan ini dapat merugikan ASN itu sendiri dan penghargaan yang kita terima hari ini tidak berarti apa-apa jika di Tahun 2024 tidak bisa mempertahankan dan kepatuhan tidak kita tingkatkan”, ucap Edy Suharmanto selaku Pj Bupati Bombana.

Edy Suharmanto juga menambahkan bahwa dengan adanya penghargaan yang diterima, jangan sampai menjadikan para satker terlena, melainkan sebagai dorongan untuk lebih memotivasi diri agar semakin meningkatkan pendapatan dari sektor pajak. Hal tersebut selaras dengan misi untuk terwujudnya program pembangunan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah. Dengan begitu, capaian ujungnya dapat dirasakan manfaatnya oleh seluruh lapisan masyarakat, khususnya masyarakat Kabupaten Bombana.

Dengan terselenggaranya kegiatan tersebut, pihak KPP Pratama Kolaka berharap agar semakin terjalin komunikasi yang baik antara KPP Pratama Kolaka dengan Pemerintah Kabupaten Bombana. Selain itu, pihak KPP Pratama Kolaka juga berharap seluruh ASN di semua perangkat daerah serta masyarakat Kabupaten Bombana dapat lebih sadar dan meningkatkan kepatuhan akan kewajiban perpajakannya.

 

Pewarta:Nanda Efri Liani
Kontributor Foto:Nanda Efri Liani
Editor: Muhammad Irfan Nashih

*)Konten yang terdapat pada halaman ini dapat disalin dan digunakan kembali untuk keperluan nonkomersial. Namun, kami berharap pengguna untuk mencantumkan sumber dari konten yang digunakan dengan cara menautkan kembali ke halaman asli. Semoga membantu.