Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Gianyar menyelenggarakan sosialisasi kewajiban perpajakan bagi para pengusaha Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Rumah BUMN Telkom Bangli di Kabupaten Bangli, Bali (Jumat, 15/3). Peserta dari sosialisasi tersebut adalah para pengusaha binaan dari Rumah BUMN (RB) Telkom Bangli. Acara sosialisasi tersebut diselenggarakan berdasarkan surat permohonan yang dikirim oleh Rumah BUMN (RB) Telkom Bangli.

"Kedatangan kami ke RB Telkom Bangli ini sesuai dengan undangan atau permohonan sosialisasi yang dikirim oleh fasilitator RB Telkom Bangli, ini bagus karena kita digandeng bersama untuk meningkatkan UMKM di Kabupaten Bangli" ungkap Ketut Kambiawan, penyuluh pajak yang menjadi narasumber pada acara sosialisasi tersebut. Selain itu menurut Kambiawan, acara bersama seperti ini sudah seharusnya dilaksanakan baik antara instansi pemerintah, BUMN maupun pihak swasta. "Kegiatan saling gandeng seperti ini sudah seharusnya diselenggarakan secara rutin agar peningkatan kepatuhan pajak serta program kerja dari berbagai pihak dapat berjalan maksimal" sambung Kambiawan.

Berkaitan dengan materi sosialisasi, Kambiawan menjelaskan bahwa materi yang diberikan kepada para pengusaha UMKM tersebut adalah materi - materi dasar perpajakan. "Materi - materi yang kami sampaikan dan berikan kepada para peserta merupakan dasar - dasar perpajakan, yang pertama terkait NPWP kemudian pelaporan SPT Tahunan serta sedikit mengenai pencatatan, pembukuan serta pengelolaan keuangan" jelas Kambiawan.

Acara sosialisasi pada hari tersebut ditutup dengan tanya jawab berhadiah dan foto bersama. "Saya harap materi yang kita terangkan dapat bermanfaat bagi semua, jika dilihat dari animo para peserta seharusnya hasilnya akan berbuah positif" tutup Kambiawan.

 

Pewarta: Putu Panji Bang Kusuma Jayamahe
Kontributor Foto: Putu Panji Bang Kusuma Jayamahe
Editor:

*)Konten yang terdapat pada halaman ini dapat disalin dan digunakan kembali untuk keperluan nonkomersial. Namun, kami berharap pengguna untuk mencantumkan sumber dari konten yang digunakan dengan cara menautkan kembali ke halaman asli. Semoga membantu.