Kantor Pelayanan, Penyuluhan, dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Takalar menyelenggarakan kegiatan Tax Goes To School (TGTS) 2024 di Unit Pelaksana Tenis  (UPT) Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 6 Takalar yang berlokasi di Jalan Hj Manila Dg Pati, Malewang, Kec. Polombangkeng Utara, Kabupaten Takalar (Selasa,5/3). Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran pajak dengan muatan materi tentang edukasi pengetahuan dasar perpajakan yang dikemas sesuai dengan jenjang pendidikan. Kegiatan ini mengusung tema “Generasi Muda Sadar Pajak, Bukti Peduli Pada Negeri”.

Sebanyak 30 siswa-siswi UPT SMAN 6 Takalar hadir dalam kegiatan ini. Para siswa-siswi diajak untuk memahami pentingnya peran pajak dalam pembangunan Indonesia serta peran para siswa-siswi generasi muda dalam mengisi pembangunan negara.

Kepala KP2KP Takalar Creschenthum Srimariastuti Boroh membawakan materi tentang edukasi pengetahuan dasar perpajakan kepada para siswa-siswi. ”Pajak merupakan tulang punggung penerimaan negara. Setiap rupiah pajak yang dibayarkan digunakan sebesar-besarnya untuk pembagunan negara dan kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia. Banyak manfaat yang dapat kita rasakan mulai dari fasilitas umum dan infrastuktur seperti jalan, rumah sakit, sekolah dan jembatan, subsidi pangan dan bahan bakar minyak, serta masih banyak lagi. Sehingga dengan membayar pajak dapat diartikan sebagai bukti bakti dan cinta kita kepada bangsa dan negara,” jelas Cres.

Dalam paparannya, Creschenthum menyampaikan peran siswa-siswi dalam pembangunan Indonesia.”Saat ini adik-adik belum wajib membayar pajak, namun siswa-siswi SMAN 6 Takalar juga memiliki peran dalam pembangunan Indonesia seperti disiplin mengikuti upacara sebagai wujud nasionalisme, menjaga nama baik sekolah dan diri sendiri, giat belajar, berlomba-lomba meraih prestasi sebagai wujud nyata mengisi pembangunan dan mengharumkan nama baik negara,” tambah Cres.

Lebih lanjut Creschenthum juga menyampaikan bahwa para siswa-siswi yang hadir merupakan generasi emas bangsa, “Sebagaimana data menunjukkan bahwa pada tahun 2045, para generasi z akan akan berada pada usia produktif dan diproyeksikan mendominasi sekitar 60% dari jumlah penduduk, dengan demikian adik-adik semua merupakan generasi emas bangsa, ditangan kalianlah kelak masa depan dan nasib bangsa Indonesia, dengan budaya sadar pajak sejak dini diharapkan dapat menciptakan generasi penerus bangsa yang taat pajak,” pungkas Cres.

Setelah penyampaian materi, para siswa-siswi diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan atas materi yang telah disampaikan. Sesi ini berjalan interaktif dengan beragam pertanyaan dan tanggapan para siswa-siswi.

Selain penyampaian materi dan pengenalan literasi pajak, Tim KP2KP Takalar juga mengadakan games menarik bersama siswa-siswi UPT SMAN 6 Takalar. Kegiatan diakhiri dengan pemberian hadiah kepada pemenang games dan foto bersama.

KP2KP Takalar berharap kegiatan TGTS dapat memupuk rasa nasionalisme para siswa-siswi untuk mencintai negeri ini dengan beragam cara termasuk memahami paham pajak dan patuh pajak apabila sudah berstatus wajib pajak.

 

 

Pewarta: Fika Aulia Restiana
Kontributor Foto: Tim Dokumentasi KP2KP Takalar
Editor: Muhammad Irfan Nashih

*)Konten yang terdapat pada halaman ini dapat disalin dan digunakan kembali untuk keperluan nonkomersial. Namun, kami berharap pengguna untuk mencantumkan sumber dari konten yang digunakan dengan cara menautkan kembali ke halaman asli. Semoga membantu.